JAKARTA?Penjualan mobil di segmen sedan mengalami peningkatan penjualan pada semester I/2013 sebanyak 12.066 unit, naik sebesar 21,40% dibandingkan semester 1/2012 sebanyak 9.939 unit.
Berdasarkan data Gabungan Asosiasi Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), peningkatan penjualan Januari?Juni 2013 dipicu oleh peningkatan penjualan dari produk sedan di bawah bendera PT Honda Prospect Motor (HPM) yang melesat dengan total 4.902 unit atau menguasai 40,63% pangsa pasar bahkan menguasai beberapa segmen. Di segmen mini sedan, All New City menguasai penjualan sebanyak 2.106 unit, sementara itu pada segmen small sedan, New Civic mencatatkan penjualan sebanyak 1.615 unit, dan segmen medium sedan, Honda Accord berhasil terjual sebanyak 845 unit sepanjang semester I/2013.
Promosi Persib Bandung, Timnas Indonesia dan Percaya Proses
Adapun raksasa Toyota berada pada posisi kedua di segmen sedan dengan menyumbang total penjualan mencapai 3.359 unit atau menyasar pangsa pasar sebanyak 28,48%. Toyota Camry berhasil menopang penjualan segmen sedan Toyota sebanyak 1.574 unit.
Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy menerangkan dengan tren penjualan produkyang masih positif serta pasar yang cukup potensial maka pihak HPM optimis akan mencapai target penjualan 100.000 unit di akhir tahun 2013. “Kami akan mendukung penjualan dengan menambah dealer kami menjadi 97 unit di seluruh Indonesia hingga akhir tahun 2013,” ungkapnya saat dihubungi, Senin (22/7/2013).
Di sisi lain penjualan sedan mewah Lexus yang bernaung di bawah PT Toyota Astra Motor juga mengalami kenaikan penjualan pada semester 1/2013 sebanyak 309 unit atau naik 7,29% dibandingkan semester 1/2012 sebanyak 288 unit.
General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja menerangkan peningkatan penjualan tersebut disebabkan oleh hadirnya model Lexus seri 600 dan seri 460 yang menyumbang peningkatan penjualan Lexus pada semester 1/2013. “Respon pasar terhadap dua produk Lexus [LX 600 dan LX 460] meningkat bahkan melebihi target Lexus di Indonesia,” ujarnya.
Selain respon pasar, lanjutnya, faktor ekonomi yang positif sepanjang semester I/2013 membuat permintaan sedan mewah Lexus masih menjadi incaran konsumen di segmen menengah keatas. Sementara itu, pabrikan non Jepang seperti Mercedes Benz dan BMW juga menunjukkan tren positf dalam penjualan di segmen sedan. Mercedes Benz pada semester 1/2013 mencatatkan penjualan sebanyak 1.376 unit yang disumbang oleh penjualan sedan mewah E-Class sebanyak 768 unit.
Selain itu penjualan BMW turut mencatatkan penjualan sebanyak 893 unit di dua segmen. Pada high segment lower , BMW 5 Series, berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 312 unit dan high segment upper, BMW 7 Series, berhasil mencatatkan penjualan terbanyak 494 unit.